Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TUTORIAL] "BURNING" File ISO Windows dengan flashdisk menggunakan RUFUS untuk instal ulang PC/Laptop



apakah burning itu ? burning merupakan proses memasukkan data/file pada sebuah CD, DVD atau yang lebih modern sekarang yang paling banyak digunakan dalam hal ini "FLASHDISK", karena dinilai lebih cepat daripada CD dan DVD dalam kecepatan baca (read) dan tulis (write), dan sangat praktis mudah dibawa.



kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara burning (bakar) file ISO windows ke FLASHDISK menggunakan Software RUFUS untuk membuat bootable dan burning iso. adapun persiapannya :

  • Flashdisk minimal 8 GB (gunakan flashdisk yang kosong)
  • File ISO Windows 7/8/10
  • RUFUS - Download
jika sudah di siapkan, berikut cara burning file ISO Windows menggunakan rufus
  1. Download RUFUS di website resmi nya, pilih yang portable saja
  2. Tancapkan Flashdisk
  3. Buka Aplikasi RUFUS, otomatis setelah flashdisk tertancap akan terdeteksi dengan sendirinya.
     
  4. (Pilih) File ISO yang telah disiapkan sebelumnya dengan mengklik SELECT (contoh : disini saya menggunakan file ISO Windows 7 32 bit), klik OPEN
  5. jika sudah selesai dipilih, maka klik tombol START, kemudian OK 
  6. Tunggu hingga proses burning selesai
  7. apabila sudah selesai maka akan muncul tampilan READY, itu artinya flashdisk yang telah di burn tadi sudah siap digunakan untuk instal ulang, tutup aplikasi rufus dengan mengklik tombol CLOSE, lalu eject flashdisk tersebut
akhir kata, sekian tutorial cara burning file iso windows menggunakan aplikasi rufus, terima kasih, dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Posting Komentar untuk "[TUTORIAL] "BURNING" File ISO Windows dengan flashdisk menggunakan RUFUS untuk instal ulang PC/Laptop"